Rabu, 09 Februari 2011

makalah usaha jual pulsa

BAB I: PENDAHULUAN

USAHA JUAL VOUCER PULSA
1. LATAR BELAKANG
            Pulsa merupakan kebutuhan yang sangat penting. Karena hampir setiap orang memiliki telepon genggam untuk berkomunikasi kepada orang lain dengan mudah. Penggunaan akan pulsa tersebut tidak dibatasi oleh waktu, umur, jenis kelamin, profesi dan pendidikan. Semua orang bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, misalnya: berbicara dengan orang lain, mengirim pesan, mengakses internet, berbelanja dan lain-lain.
            Bisnis pulsa tidak akan bisa berhenti selama manusia masih berkomunikasi dengan yang lain. Bahkan bisnis pulsa akan semakin berkembang dan semakin canggih dengan berbagai fitur pelengkap serta semakin banyak pula persaingan antar produsen untuk dapat menguasai pasar. Dengan adanya persaingan tersebut, maka akan memunculkan berbagai kemudahan,  kenyamanan dan kepuasan yang maksimal akan dirasakan konsumen.
           
2. IDENTIFIKASI MASALAH
      Adapun berbagai masalah dalam menjalankan bisnis menjual isi ulang pulsa yang sering dialami oleh para penjual adalah sebagai berikut:
a.Bagaimanakah modal yang ideal untuk perjualan isi ulang pulsa itu? Dan berapakah modal yang diinvestasikan penulis dalam membuka usaha jual isi ulang pulsa?
b. Dimanakah tempat atau lokasi yang sesuai untuk bisnis jual pulsa?
c. Bagaimanakah pelayanan yang dilakukan oleh penulis kepada para pelanggan?
d. Bagaimanakah cara penulis agar mampu bertahan dengan para saingan?
e. Bagaimana cara mengatur keuangan yang baik?

BAB II: PEMBAHASAN
a. Modal
      Modal merupakan syarat yang paling utama dalam menjalankan bisnis. Modal berpengaruh besar terhadap perusahaan yang akan dibangun. Apakah perusahaan itu berskala besar atau kecil. Modal bisa berasal dari milik (kekayaan) sendiri atau pinjam ke suatu lembaga. Menginvestasikan modal harus rasional (masuk akal), artinya harus disesuaikan dengan perusahaan apa yang akan dibangun, sehingga penggunaan akan modal tersebut bisa lebih efektif.

      Dalam hal ini, yaitu menjual voucer isi ulang pulsa, modal yang ideal untuk diinvestasikan tidak perlu banyak, hanya perlu sebuah kios (tidak perlu besar) dan persediaan pulsa seperlunya yang cukup untuk digunakan beberapa bulan. Jika perlu ditambah dengan berbagai keperluan lain dan accessories/pernak-pernik.
b. Tempat
     Tempat juga sangat berpengaruh dalam menjalankan suatu bisnis, terutama bisnis perdagangan(merchandise). Tempat yang strategis akan lebih berpotensial daripada tempat yang tidak strategis. Seperti di pasar, di sekitar perumahan, di depan gang dan lain-lain, artinya tempat tersebut dilalui oleh banyak orang.
      Penjualan pulsa juga bisa dilakukan tanpa tempat. Karena saat ini sudah ada sistem penjualan secara M-tronik, sehingga pejualan dapat dilakukan melalui Hp pribadi. Seperti yang dilakukan penulis. walaupun sibuk dengan aktifitas kuliah dan sebagainya,  namun penulis bisa melanjutkan usahanya. menjual
c. Pelayanan
      Pelayanan akan berpengaruh pada pelanggan. Jika pelayanannya kurang baik, maka pelanggan akan pindah ke tempat lain. Menjaga loyalitas pelanggan sangat penting. karena demi berlangsungnya suatu usaha untuk ke depannya. Penulis dalam masalah ini, .untuk mengatasi saingan yaitu dengan cara memberikan diskon bagi pelanggan yang sudah beberapa kali memakai produk penulis dan pelayanan yang cepat apabila ada pesanan.
d. Saingan
     Saingan dalam bisnis seperti ini sangat besar, oleh sebab itu permasalahan-permasalahan di atas sudah diatasi terlebih dahulu. Karena modal, lokasi, dan pelayanan akan berpengaruh pada kekuatan suatu pengusaha unuk bersaing. Modal yang lebih besar, lokasi yang lebih strategis dan pelayanan yang baik, akan bisa lebih kuat dalam bersaing.
e. Manajemen Keuangan
      Banyak penjual pulsa yang gagal karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Padahal bisnis seperti ini sangat mudah. Mengatur keuangan seharusnya kas untuk pulsa dengan kas pribadi dipisahkan. Tidak boleh sekali-kali menyentuh kas tersebut untuk keperluan pribadi. Walaupun ada kebutuhan mendadak.






BAB III: PENUTUP
A. SIMPULAN
     Sebenarnya berbisnis itu tidak terlalu rumit, hanya diperlukan beberapa ketelitian dalam memanajemen baik waktu maupun keuangan. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan yan tinggi. Bisnis yang besar pada awalnya adalah bisnis yang kecil. Tidak ada yang membatasi orang untuk berbisnis. Maka dari itu jangan takut untuk berbisnis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar